Apa Itu Nikmat Hidup dan Bagaimana Cara Menikmatinya? Berikut Penjelasannya

bersyukur cara menikmati hidup
Sahabat Insan Tunanetra Penerima Al-Quran Braille

Bagaimana Cara Menikmati Hidup ?

Bismillah, Sahabat UMV…

Pada hari Rabu pekan keempat minggu ini di bulan Januari 2022. Kita akan mengulas bagaimana cara yang ampuh dalam menikmati hidup. Siapa sih yang tidak mau menikmati hidup?

Hidup adalah suatu proses berkesinambungan yang mengikat kita untuk terus bergerak maju dalam meraih sesuatu. Hidup sendiri dapat dinikmati jika hati tentram dan pikiran tenang. Cara yang paling tepat dalam menikmati hidup adalah bersyukur dengan apa yang telah diberikan oleh Allah kepada kita. Bersyukur merupakan ungkapan terimakasih kita kepada Sang Maha Pencipta, karena telah memberikan rahmat dan hidayahnya dalam kehidupan. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengungkapkan rasa syukur itu dan tak sedikit orang pernah mangalami hal yang membuat kita bahagia dan kadang juga malah membuat kita merasa menjalani hidup adalah sebuah  penderitaan. Maka dengan bersyukur, kita akan menikmati hidup dengan nyaman. Kita sebagai manusia patutlah menerima segala pemberian Allah, karena apapun yang Allah berikan adalah yang terbaik bagi hambanya.

Syukur Menjadi Syarat Mutlak

Rasa syukur akan menjadikan hati kita merasa tenang, damai dan sangat bergembira atas kesempatan hidup yang Allah berikan pada kita. Allah Subhanahu Wata’ala sangat menganjurkan kita agar bersyukur. Allah telah menjelaskan tentang kebaikan-kebaikan yang kita dapat dengan bersyukur, ini tertuang dalam Q.S Al Imran Ayat 145 berikut ini :

وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ أَنْ تَمُوتَ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ كِتَابًا مُؤَجَّلًا ۗ وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَنْ يُرِدْ ثَوَابَ الْآخِرَةِ نُؤْتِهِ مِنْهَا ۚ وَسَنَجْزِي الشَّاكِرِينَ

Artinya : “Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur”. (Q.S Al Imran : 145)

Sikap syukur perlu menjadi kepribadian setiap Muslim. Sikap ini mengingatkan kita untuk berterima kasih kepada Sang Maha Pencipta yang telah memberikan kasih sayangnya yang begitu besar. Dengan syukur, kita akan puas atas nikmat Allah yang diperoleh dengan tetap meningkatkan usaha guna mendapat nikmat yang lebih baik.

Peduli Sesama, Salah Satu Cara Mensyukuri Nikmat Hidup

Dalam paragraf ini, salah satu cara untuk mensyukuri nikmat hidup  adalah dengan sikap kepedulian kita terhadap sesama muslim. Allah telah memberikan kita nikmat panca indera yang berfungsi dengan baik. Pertama, selain kita dapat bekerja dengan baik, panca indera yang lengkap dapat membantu kita mampu melakukan aktivitas positif lainnya. Kedua, dengan panca indera yang lengkap kita dapat melakukan kebaikan-kebaikan untuk sesama. Namun, masih banyak saudara kita sesama muslim yang tidak dapat menikmati panca indera secara lengkap, salah satunya adalah sahabat Insan Tunanetra.

Kita mungkin mampu dalam melihat dan membaca Al-Quran dengan baik. Bagaimana dengan sahabat Insan Tunanetra yang diluar sana? Mereka pun dapat membaca Al-Quran dengan baik, hanya saja dengan menggunakan Al-Quran Braille. Tentu ini tak lepas dari dukungan sahabat Muwakif yang telah peduli dan ikut serta ambil posisi dalam meningkatkan kualitas hafalan Insan Tunanetra dengan menggunakan Al-Quran Braille. Dengan Program 1000 Set Al-Quran Braille Ramadhan 1443 H tahun ini, Insya Allah LSM Ummi Maktum Voice terus bersemangat dalam menebarkan kebaikan Al-Quran Braille untuk 1000 Insan Tunanetra di seluruh Pelosok Negeri. Mulai dari Rp.60.000,- / Juz untuk 1 Juz dari 30 Juz Al-Quran Braille, sahabat telah ikut berperan penting dalam menurunkan tingginya angka buta huruf Al-Quran Braille di Indonesia.

Mari bersama kita tingkatkan kualitas hidup kita dengan bersyukur dan mengamalkannya untuk peduli terhadap sesama.

 

LSM Ummi Maktum Voice

Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Konfirmasi Wakaf klik Konfirmasi Wakaf

Website : umv.or.id

Facebook : https://www.facebook.com/umv.or.id

Telp. / WA : (022) 522 8552

Instagram : https://instagram.com/ummimaktumvoice/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCN3kbsn6M_zlj05OXAzuweg

Tik Tok : https://vt.tiktok.com/ZSeVVyQ2C/