DENGAN BUTA WARNA INSHA ALLAH TETAP MEMILIKI MAKNA

DENGAN BUTA WARNA INSHA ALLAH TETAP MEMILIKI MAKNA

Mari Mengenal Lebih Dekat dengan Buta Warna

Buta warna merupakan kondisi mata tidak dapat melihat dan membedakan semua warna sama sekali (buta warna total). Tetapi, orang yang tidak dapat membedakan warna tertentu juga disebut sebagai buta warna Parsial. Seseorang mendapatkan penyakit buta warna sejak lahir dan terjadi seumur hidup.

Buta warna adalah suatu kelainan atau gangguan pada mata yang memiliki kelemahan penglihatan warna yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu sehingga warna yang dilihat tidak terlihat sesuai dengan warna yang dilihat mata normal. Orang yang mengalami buta warna tidak hanya melihat warna hitam putih saja, tetapi yang terjadi adalah kelemahan/penurunan pada penglihatan warna-warna tertentu misalnya kelemahan pada warna merah, hijau, kuning, dan biru. Buta warna permanen biasanya terjadi karena faktor keturunan. Sedangkan orang yang tidak mengalami buta warna dapat mengalami buta warna apabila terjadi faktor-faktor tertentu seperti kecelakaan.

Ciri-ciri dan Gejala Buta Warna

Kebanyakan orang dengan kondisi ini mengalami kesulitan untuk membedakan warna antara warna merah, kuning dan hijau. Masalah ini cenderung umum yang mempengaruhi 1 dari 12 pria dan 1 dari 200 wanita. Ada beberapa gejala penyakit buta warna, yaitu:

  1. Sulit membedakan antara merah, orange, kuning, coklat dan hijau.
  2. Warna-warna tersebut tampak lebih kusam daripada yang terlihat oleh orang yang memiliki penglihatan normal.
  3. Kesulitan membedakan antara nuansa ungu.
  4. Bingung dengan merah dan hitam.
  5. Pada kasus yang jarang terjadi, beberapa orang mengalami masalah dengan warna biru, hijau, dan kuning (buta warna biru-kuning).

Faktor Penyebab Gangguan Buta Warna

Berikut ini adalah faktor penyebab gangguan buta warna, antara lain :

  1. Penyakit kronis yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan warna termasuk penyakit diabetes melitus, retinitis pigmentosa, leukemia, penyakit hati, alkoholisme kronis, anemia sel sabit, degenerasi makula, penyakit parkinson, glaukoma, multiple sclerosis, dan alzheimer.
  2. Kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan area tertentu pada otak atau mata dapat menyebabkan gangguan penglihatan warna.
  3. Obat-obatan seperti obat tuberkulosis, barbiturat, obat tekanan darah tinggi, antibiotik, dan beberapa obat untuk mengobati gangguan saraf dapat menyebabkan gangguan pada saraf mata.
  4. Bahan kimia industri seperti karbon disulfida, karbon monoksida, dan beberapa bahan yang mengandung timbal juga dapat menyebabkan gangguan penglihatan warna.
  5. Usia lanjut (usia di atas 60 tahun), terjadi perubahan fisik yang mungkin mempengaruhi kemampuan mata dalam melihat warna.

Buta Warna Dapat Disembuhkan

Buta warna adalah penyakit turunan yang terjadi seumur hidup sehingga belum ditemukan pengobatan untuk menyembuhkannya. Namun, penderita buta warna akan diminta untuk beradaptasi agar dapat hidup dengan normal. Sementara itu, untuk kasus buta warna yang disebabkan karena penyakit atau cedera, masih bisa ditangani dengan cara menyembuhkan penyebabnya. Sebagai cara untuk beradaptasi, seseorang yang mengalami buta warna dapat melakukan hal-hal seperti berikut ini :

  1. Mengingat urutan warna pada lampu lalu lintas.
  2. Beri label pada pakaian warna.
  3. Gunakan lampu atau pencahayaan yang terang agar dapat melihat warna lebih jelas.
  4. Mintalah orang lain ketika mengalami situasi sulit yang berhubungan dengan warna.
  5. Gunakan lensa kontak atau kacamata khusus untuk membantu melihat warna maupun mengurangi intensitas cahaya yang dapat mengganggu penglihatan.
  6. Apabila memungkinkan, gunakan teknologi pendukung seperti aplikasi khusus yang dapat mendeteksi warna suatu objek
  7. Selalu rutin berkonsultasi dengan dokter.

Yuk, rutin cek kondisi kesehatan mata kita di rumah sakit terdekat. Untuk sahabat yang mau tahu pembahasan lebih lanjutnya, nonton Podcast menarik seputar mata hanya di Al Quran Braille Official

LSM Ummi Maktum Voice
Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Konfirmasi Wakaf

Informasi Lengkap

Website : umv.or.id

Telepon : (022) 522 8552

WhatsApp : 0811 911 0800

FaceBook

Instagram

YouTube

Tik Tok

Copyright © 2023 Perkumpulan LSM UMMI MAKTUM VOICE