Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2022

Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2022

Assalammualaikum sahabat UMV ….

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Oleh karena itu, pada tahun 2022 ini Hari Guru Nasional kembali diperingati dengan mengusung tema “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Dalam rona dan dinamika politik yang sangat dinamis, PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) tetap setia dalam pengabdiannya sebagai organisasi profesi yang bersifat Unitaristik, Independen dan Nonpartisan. Untuk itulah, sebagai penghormatan kepada guru, Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional, dan selalu diperingati setiap tahun.

Perjuangan Guru-guru di Indonesia

Dikutip dari pgri.or.id organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada jaman Belanda berdiri pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini bersifat Unitaristik yang anggotanya terdiri dari para guru bantu, guru desa, kepala sekolah dan penilik sekolah. Dengan latar pendidikan yang berbeda-beda, mereka umumnya bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua.

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, guru juga merupakan lentera bagi kehidupan. Mereka juga merupakan pelopor semangat bangsa untuk menciptakan generasi yang cerdas, berakhlak mulia dan bermanfaat untuk sesama. Guru berperan penting dalam mendidik dan mencerdaskan anak-anak bangsa. Ilmu yang mereka berikan laksana cahaya yang menerangi kegelapan.

Bagaimana Dengan Guru-guru Tunanetra ?

Lantas bagaimana dengan guru-guru Insan Tunanetra? Mereka pun sama bertugas untuk mencerdaskan dan membimbing para peserta didik Tunanetra untuk dapat belajar setara dan mengenal banyak wasan ilmu. Sehingga akhirnya Insan Tunanetra mampu bersaing di era modern ini dengan berbekal skill dan kemampuan serta pengetahuannya. Tak sedikit pula para Insan Tunanetra yang melanjutkan studinya hingga perguruan tinggi dan mengambil fakultas pendidikan.

Perjuangan guru-guru Insan Tunanetra tak berhenti sampai situ saja. Melainkan ada banyak sekali tugas dan catatan untuk guru-guru Insan Tunanetra. Salah satu halnya adalah dengan membantu Insan Tunanetra lainnya agar dapat mempelajari Al-Quran. Begitu banyak para Insan Tunanetra yang sampai sat ini belum bisa membaca Al-Quran dikarenakan sulitnya akses pembelajaran. Dengan adanya Al-Quran Braille, Insan Tunanetra dapat lebih mudah untuk membaca dan mempelajari Al-Quran. Tak sedikit dari mereka yang sudah berusia lanjut, tetap semangat untuk bisa membaca Al-Quran.

Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2022, terima kasih telah menjadi pendukung kami dalam pendidikan kami dan telah menginspirasi kami untuk menjadi yang terbaik. Simak selengkapnya di channel youtube Al Quran Braille Official Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2022

LSM Ummi Maktum Voice
Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Konfirmasi Wakaf

Informasi Lengkap

Website : umv.or.id

Telepon : (022) 522 8552

WhatsApp : 0811 911 0800

FaceBook

Instagram

YouTube

Tik Tok