Persiapan Seminggu Menjelang Ramadhan – Yuk, Cek and Ricek Daftar Amalannya

amalan menyambut bulan ramadhan
Amalan-amalan Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Persiapan Amalan Menjelang Ramadhan

Bismillah, Sahabat UMV…

Di akhir minggu ini tepat di hari Sabtu 26 Maret 2022 adalah hari ke-7 menjelang bulan suci Ramadhan. Seminggu sebelum Ramadhan, kira-kira kita bisa nabung kebaikan apa saja ya? Sebenarnya banyak sekali amalan-amalan kebaikan yang dapat kita lakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Meski bulan Ramadhan tahun ini kita masih berada di masa Pandemi Covid-19, namun ini tak menjadi penghalang untuk kita agar senantiasa melakukan amalan-amalan kebaikan. Keutamaan yang dapat kita lakukan pada bulan puasa adalah menjalankan segala kegiatan ibadah dan mengamalkan kebaikan-kebaikan yang bernilai pahala.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadist shahih riwayat Al-Bukhari dan muslim yang mengatakan :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: Dari Abu Hurairah r.a., Nabi SAW bersabda: “Siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 37 dan Muslim: 1266).

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang tinggal seminggu ini, kita dapat melakukan beberapa amalan berikut ini, diantaranya :

Banyak Berdoa

Selain memperbanyak ibadah-ibadah sunnah demi kelancaran aktivitas ibadah di bulan Ramadhan nanti, hal yang juga patut dirutinkan adalah perbanyak doa agar kita semua dapat dipertemukan kembali dengan bulan yang penuh dengan kemuliaan ini. Dalam menyambut bulan suci Ramadhan terdapat doa yang dapat kita panjatkan. Doa dalam menyambut bulan Ramadhan :

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَم رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ هِلاَلَ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

“Allahumma ahlilhu ‘alayna bil-amni wal iimaani wassalaamati wal islaami, Robbii wa Robbukallahu, hilala rusydin wa khoirin”

Artinya : “Ya Allah, Jadikanlah bulan ini kepada kami dalam kondisi aman dan hati kami penuh dengan keimanan, dan jadikanlah pula bulan ini kepada kami dengan kondisi selamat dan hati kami penuh dengan keislaman. Rabb ku dan Rabb mu Allah. Bulan petunjuk dan bulan kebaikan.” (HR. Tirmidzi).

Menjalankan Puasa Sunnah

Menyambut Bulan Ramadhan, kita sebagai muslim dianjurkan untuk menjalankan ibadah puasa sunnah seperti Puasa Rajab, Puasa Syaban, Puasa Senin Kamis, Puasa Daud maupun Puasa Ayyamul Bidh. Hal ini bertujuan melatih diri sebelum menyongsong Bulan Ramadhan yang diwajibkan berpuasa penuh sebulan. Dengan banyak berpuasa sunnah, tubuh akan terbiasa dan tidak kaget saat menjalani Puasa Ramadhan.

Menyegerakan Meminta Maaf

Memang tidak ada hadits atau atsar yang menunjukkan ke arah sana. Namun, kita sebagai umat beragama sebaiknya kita menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh suka cita dan saling memaafkan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW tentang hal itu.

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Siapa yang menegakkan Ramadhan dengan iman dan ihtisab, maka Allah telah mengampuni dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim).

Tentunya selain dari 3 amalan diatas, masih terdapat banyak sekali amalan-amalan kebaikan yang dapat kita kerjakan antara lain adalah sedekah. Ya, sedekah. Siapa yang tidak tahu tentang sedekah. Sedekah merupakan amalan yang dapat menjadi amal jariyah bagi kita. Untuk menyambut datangnya bulan kemuliaan, marilah kita benahi diri menjadi lebih baik dan sedekahkan lah apa yang dapat kita sedekahkan. Mari kita sambut bulan penuh rahmat dengan hati suci dan ikhlas agar di bulan Ramadhan nanti setiap kebaikan yang kita kerjakan menjadi ladang amal bagi kita. Amin.

Informasi Lengkap Kami

LSM Ummi Maktum Voice

Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Konfirmasi Wakaf Konfirmasi Wakaf

Informasi Lengkap

Website : umv.or.id

Telp. / WA : (022) 522 8552

FaceBook

Instagram

YouTube

Tik Tok

Copyright © 2022 Website Resmi Ummi Maktum Voice