Tau Gak Sih, Kebutuhan Al-Quran Braille di Indonesia Sangat Tinggi ? Berikut Penjelasannya…

wujud rasa syukur
Tingginya Kebutuhan Al-Quran Braille di Indonesia

Tanamkan Sugesti Positif Dalam Diri

Bismillah, Sahabat UMV…

Mengawali hari di minggu ini dengan segudang aktivitas di hari Senin 30 Mei 2022 tak menjadikan kita patah semangat dalam melakukan aktivitas positif. Seperti sebutannya, hari Senin biasanya orang-orang sibuk memulai kembali rutinitas setelah selesainya weekend kemarin. Banyak sekali rutinitas positif yang dilakukan oleh kebanyakan orang sebagai sebuah afirmasi untuk diri sendiri dan membentuk suatu sugesti positif. Ini bertujuan, apa yang kita lakukan selama satu minggu kedepan dapat dijalani dengan perasaan penuh semangat dan keceriaan. Bicara tentang rutinitas di hari senin, biasanya sahabat umv melakukan apa nih di hari Senin? Nah jika belum, yuk kita sempatkan waktu kita untuk membaca Al-Quran sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah atas nikmat penglihatan yang telah di berikan-Nya.

Mengapa Harus Membaca Al-Quran ?

Sahabat, pernahkah terbesit dalam pikiran kita harus berapa ayat sih minimal yang kita baca dalam membaca Al-Quran? Sebenarnya tidak ada patokan harus berapa ayat yang kita baca pada saat kita membaca Al-Quran. Namun, jika kita membiasakan diri untuk membaca Al-Quran sebelum memulai aktivitas lainnya akan sangat berpengaruh untuk mendatangkan sebuah energi positif kedalam diri kita. Contoh kecil manfaat jika kita membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari yaitu berdasarkan Hadist Riwayat Muslim :

“Tidaklah suatu kaum berkumpul disuatu masjid daripada masjid-masjid Allah, mereka membaca Al-Quran dan mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketentraman, mereka diliputi dengan rahmat, malaikat mengelilingi mereka dan Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan makhluk yang ada di sisi-Nya.” (HR. Muslim)

Nah, ternyata para penyandang disabilitas netra pun dapat membaca Al-Quran menggunakan Al-Quran Braille. Al-Quran yang di khususkan untuk para Insan Tunanetra ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Tingginya Kebutuhan Al-Quran Braille Bagi Insan Tunanetra

Dikutip dari Jurnal Sosioteknologi Qura’nic Technobraille : Menuju Tunanetra Muslim Indonesia Bebas Buta Baca Al-Quran (Hamzah & Zaenal, S , 2018) menyebutkan bahwa kajian yang dilakukan tim peneliti Lajnah Pentashih Mushaf Al-Quran (LPMA) pada tahun 2016 tercatat sebanyak 1,5 juta jiwa penduduk Indonesia mengalami keterbatasan penglihatan. Hal ini memberikan data sebesar 5.048 jiwa tunanetra muslim yang sudah mampu dalam membaca Al-Quran Braille. Dalam konteks lain, berarti data menunjukkan rendahnya tingkat bebas buta baca Al-Quran Braille di kalangan tunanetra muslim Indonesia (LPMA, 2016).

Seperti peruntukkannya, pengadaan Al-Quran Braille adalah untuk menurunkan angka buta huruf Al-Quran Braille di kalangan tunanetra muslim Indonesia. Kemampuan membaca penyandang disabilitas netra memang tak secepat orang-orang dengan komponen fisik normal pada umumnya. Namun, para penyandang disabilitas netra dapat menikmati dan belajar Al-Quran dengan menggunakan Al-Quran Braille dengan memanfaatkan sensitifitas indera peraba. Al-Quran Braille yang dibaca oleh Insan Tunanetra saat ini memanfaatkan pola enam titik. Ditinjau dari hasil kombinasi pola jumlah titik, pola enam titik menghasilkan 63 variasi kode Braille. Sedangkan, kebutuhan huruf hijaiyah dan harakat hanya sekitar 42 variasi kode Braille. Tingginya angka buta huruf Al-Quran Braille di Indonesia berbanding lurus dengan tingginya kebutuhan Al-Quran Braille bagi Insan Tunanetra di Indonesia.

Bantu Insan Tunanetra Untuk Memiliki Al-Quran Braille

Penyandang disabilitas netra juga berhak dalam belajar membaca, menghafal dan mengamalkan Al-Quran dengan menggunakan Al-Quran Braille. Mahalnya harga untuk satu set Al-Quran Braille, masih menjadi sebuah halangan bagi Insan Tunanetra untuk memilikinya. Namun, ini tak menjadikan mereka patah semangat untuk terus berusaha dalam belajar. Untuk mempermudah para Insan Tunanetra memiliki Al-Quran Braille, sahabat dapat membantu dengan berwakaf Al-Quran Braille bagi Insan Tunanetra. Untuk konfirmasi wakaf secara langsung dapat menghubungi nomor telepon kami di 022-522 8552 atau bisa langsung datang ke kantor kami di Jln. Pasir Salam No. 31 A Bandung.

Perluas amalmu, wujudkan sedekah mu.

LSM Ummi Maktum Voice

Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Konfirmasi Wakaf Konfirmasi Wakaf

Informasi Lengkap

Website : umv.or.id

Telp. / WA : (022) 522 8552

FaceBook

Instagram

YouTube

Tik Tok

Copyright © 2022 Website Resmi Ummi Maktum Voice