Sunnah Di Hari Jumat, Yuk kita Amalkan…

amalan sunnah hari jumat
Amalan Sunnah Di Hari Jumat

Amalan-Amalan yang di Sunnahkan di Hari Jumat

Bismillah, Sahabat UMV…

Alhamdulillah kita bertemu kembali dengan hari Jumat yang In Syaa Allah membawa keberkahan untuk setiap kebaikan yang kita lakukan. Membahas tentang keistimewaan hari Jumat, ternyata banyak sekali loh sahabat, amalan kebaikan yang dapat kita lakukan di hari Jumat. Selain mendatangkan pahala, amalan ini juga dapat menjadi habbit positif untuk kita. Diantara amalan-amalan itu, terdapat amalan yang nantinya akan melindungi kita dari kejamnya fitnah Dajjal di akhir jaman. Amalan apakah itu? Berikut kita ulas bersama amalan-amalan yang baik dilakukan di hari Jumat.

Amalan-amalan yang baik di lakukan di hari Jumat :

1. Memotong Kuku dan Rambut

Seperti diketahui, kuku dan rambut merupakan bagian tubuh manusia yang tidak berhenti tumbuh setiap harinya. Meskipun begitu, nampaknya kita seringkali malas untuk merapikan atau sekadar memperhatikan kebersihannya, terlebih bulu-bulu yang letaknya tersembunyi. Islam sudah mengatur kapan seharusnya orang memotong rambut maupun kuku. Dijelaskan sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengatakan :

وَقَّتَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى قَصِّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمِ الأَظْفَارِ وَحَلْقِ الْعَانَةِ وَنَتْفِ الإِبْطِ أَنْ لاَ نَتْرُكَ أَكْثَرَ مِنْ أَرْبَعِينَ يَوْمًا. وَقَالَ مَرَّةً أُخْرَى أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan batasan waktu kepada kami untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabuti bulu ketiak, dan mencukur bulu kemaluan, agar tidak dibiarkan lebih dari empat puluh hari.” (HR. Muslim, Abu Daud, dan an-Nasa’i)

2. Perbanyak Sholawat Nabi

Selain dari kita harus membersihkan kuku dan rambut pada hari Jumat, kita juga disunnahkan untuk memperbanyak sholawat nabi pada hari Jumat. Sebab, ini menjadi salah satu amalan sunnah di hari Jumat. Memperbanyak sholawat nabi pada malam dan hari Jumat tertuang dalam hadits yang diriwayatkan Baihaqi :

“Perbanyaklah sholawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat, barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali,” (HR Baihaqi).

3. Perbanyak Doa

Di hari yang mulia ini, umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda :

“Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.”

4. Perbanyak Dzikir

Dzikir menjadi saran untuk senantiasa mengingat Allah. Sama halnya dengan sholawat, meskipun dapat dikerjakan kapanpun dan dimanapun, namun berdzikir di hari Jumat dianjurkan untuk diperbanyak dan ditingkatkan. Mengutip dari darunnajah, anjuran ini tercantum dalam Q.S Al-Jumu’ah Ayat 9 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

5. Membaca Surah Al-Kahfi

Di hari Jumat yang mulia, umat Islam juga dianjurkan untuk membaca surat Al Kahfi. Sunnah tersebut menjadi amalan yang luar biasa. Disebutkan bahwa apabila seorang membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua Jumat. Mengutip dari rumaysho, Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua Jum’at.”

Sementara itu, mengutip dari darunnajah, membaca surat Al Kahfi bisa dilakukan di awal Jumat yakni Kamis malam atau setelah masuk waktu maghrib. Dengan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat akan menjauhi kita dari kejamnya fitnah Dajjal di akhir jaman.

6. Memperbanyak Sedekah

Selain amalan-amalan di atas, sedekah di hari Jumat juga sangat dianjurkan. Meski dapat dilakukan kapan pun, namun sedekah di hari Jumat lebih utama. Menjadi hari yang istimewa, hari Jumat juga memiliki berbagai keutamaan. Sedekah di hari Jumat juga dapat menjadi amalan jariyah bagi siapa saja yang mengamalkannya. Seperti yang kita ketahui bahwa yang hanya dapat di bawa ketika ajal menjemput hanya ada 3 hal diantaranya doa anak sholeh, ilmu yang bermanfaat dan amalan jariyah dan sedekah termasuk kedalam amalan jariyah.

Mari sahabat kita bersama mengamalkan kebaikan-kebaikan ini di hari Jumat yang barokah ini. Semoga amalan kebaikan yang kita lakukan di hari Jumat dapat menjadi lading amal bagi kita semua. Karena tak ada kebaikan yang tak bernilai di mata Allah, segala macam kebaikan yang kita kerjakan akan di balas oleh Allah begitupun sebaliknya.

LSM Ummi Maktum Voice

Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Informasi Lengkap umv.or.id

Konfirmasi Wakaf klik Konfirmasi Wakaf

 

Copyright © 2022 Website Resmi Ummi Maktum Voice