Mengenal Lebih Dekat Al-Quran Braille

variasi mushaf alquran braille
Mengenal Lebih Dekat Dengan Al-Quran Braille

Apa itu Al-Quran Braille ?

Alquran Braille merupakan sebuah mushaf Alquran yang dirancang khusus bagi penyandang tunanetra. Dengan huruf-huruf timbul yang ada, para penyandang tunanetra akan lebih mudah membaca hanya dengan mengandalkan sensitifitas jari-jemari. Menurut Lajnah Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Quran Braille adalah salah satu variasi mushaf yang ada di Indonesia dengan metode penulisan menggunakan simbol Braille yang telah di bakukan.

Al-Quran Braille diperuntukkan bagi penyandang tunanetra dan orang-orang yang memiliki gangguan dalam penglihatan. Keberadaan Al-Quran Braille ini tak lepas dari beberapa fase perkembangan yang telah dilewati meliputi duplikasi, adaptasi serta standarisasi. Berbeda hal nya dengan mushaf Al-Quran pada umumnya, Al-Quran Braille memiliki ketebalan yang lebih karena menggunakan simbol-simbol Braille. Sebagai perbandingannya jika 1 jilid Al-Quran biasa dapat berisi 30 Juz maka 1 jilid Al-Quran Braille hanya berisi 1 Juz. Sementara untuk beratnya, Al-Quran Braille memiliki berat mencapai 25 KG untuk 30 Juz sekaligus dengan terjemahannya.

Kenapa Harus Al-Quran Braille ?

Semangat Insan Tunanetra dalam membaca Al-Quran merupakan salah satu bentuk ibadah mereka kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Kegigihan mereka ini patut di acungi jempol, pasalnya dengan keterbatasan penglihatan yang dialami tak meluluhkan semangat mereka untuk beribadah dalam membaca Al-Quran meskipun tidak mudah. Demi mendukung semangat Insan Tunanetra dalam beribadah membaca Al-Quran. Maka Allah Subhanahu Wata’ala memudahkan mereka untuk dapat menikmati bacaan ayat suci Al-Quran menggunakan mushaf Al-Quran Braille. Tentunya sudah melewati beberapa tahap sebelum akhirnya digunakan oleh Insan Tunanetra.

Manfaat Apa yang Didapat Dalam Berwakaf Al-Quran Braille ?

Keterbatasan jumlah Al-Quran Braille saat ini tentu menjadi kendala tersendiri bagi Insan Tunanetra. Baik yang ingin membaca Al-Quran maupun menghafal Al-Quran dengan menggunakan Al-Quran Braille. Namun ini tak menutup mata hati setiap umat muslim dalam melihat kondisi keterbatasan Al-Quran Braille bagi Insan Tunanetra. Banyak sekali masyarakat yang berinisiatif mewakafkan hartanya untuk pengadaan Al-Quran Braille bagi Insan Tunanetra.

Dengan membantu menyediakan dan melakukan wakaf Al-Quran Braille, maka hal itu akan memberikan kemudahan bagi Insan Tunanetra untuk membaca dan menghafal Al-Quran. Dengan cara ini maka Insan Tunanetra akan semakin bersemangat dalam membaca ayat-ayat suci Al-Quran. Karena wakaf Al-Quran Braille merupakan salah satu amal jariyah yang tidak terputus dan pahalanya akan terus mengalir meskipun sudah meninggal dunia. Dengan ini banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh kita sebagai Muwakif dan manfaat bagi Insan Tunanetra sebagai penerima wakaf Al-Quran Braille.

Informasi Selengkapnya

LSM Ummi Maktum Voice

Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Konfirmasi Wakaf Konfirmasi Wakaf

Informasi Lengkap

Website : umv.or.id

Telp. / WA : (022) 522 8552

FaceBook

Instagram

YouTube

Tik Tok

 

Copyright © 2022 Website Resmi Ummi Maktum Voice