Menebar Kebaikan = Memuliakan Diri

Menebar Kebaikan Memuliakan Diri
Menebar Kebaikan = Memuliakan Diri

Menebar Kebaikan Sama Dengan Memuliakan Diri

Kebaikan apapun yang kita lakukan, sejatinya kita sedang menyiapkan tanaman yang kelak akan berbuah manis. Sesungguhnya Allah Maha Melihat dan Mendengar atas semua yang telah hamba-Nya lakukan, tak satupun kebaikan hamba-Nya melainkan langsung terbalas kebaikan pula. Bahkan termasuk kebaikan yang di sepelekan seperti sekecil biji zarrah, Sebagaimana Allah berfirman yang artinya :

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” (Surah Al-Zalzalah : 7)

Ada beberapa manfaat yang Allah berikan untuk hambanya yang sering berbuat kebaikan kepada siapapun salah satunya ialah: Allah akan selalu mencintai orang-orang yang berbuat baik, Orang yang berbuat baik sudah tentu dibalas dengan kebaikan meskipun kebaikan tersebut hanya sekecil biji zarrah, Allah akan melimpahkan rahmat dan kebahagiaan bagi orang yang berbuat baik, Kebaikan yang kita perbuat akan kembali pada diri kita sendiri serta Allah menjamin akan melipatgandakan pahalanya.

Dari tahun, bulan, hari, jam, menit, detik ini pun kita harus mulai dengan memperkuat tekad dan semangat dalam diri masing-masing untuk senantiasa berbuat baik pada sesama sebagai wujud syukur kepada Allah. Setidaknya dalam jiwa seseorang yang beriman sebuah niat tidak akan pernah pudar. Bahwa hari ini harus lebih baik dari pada hari kemarin.

Manfaat yang bisa dirasakan saat Menebar Kebaikan :

1. Mengatasi Tekanan Pikiran atau Stres

Tekanan pikiran atau stres dapat dirasakan oleh siapa pun. Penyebab stres ini beragam, bisa karena faktor tuntutan pekerjaan, finansial, hingga hubungan asmara. Apabila kita ingin permasalahan tersebut bisa cepat diatasi, mulailah berlomba dalam kebaikan kepada sesama.

2. Mempererat Hubungan Sosial dengan Sesama Manusia

Berbuat kebaikan atau berbagi kebaikan kepada orang lain pun bisa mempererat hubungan sosial di antara manusia. Kita bisa berbuat baik kepada keluarga dekat, saudara dekat, hingga saudara jauh. Bisa juga bersama sahabat, rekan kerja, atasan, serta orang-orang di sekitar kita. Kita dapat memulainya dari hal-hal sederhana. Misalnya saja dengan tersenyum ketika berpapasan, berterima kasih setiap kali mendapatkan pertolongan, sekecil apa pun itu. Bisa juga menyemangati mereka yang membutuhkan motivasi.

3. Baik untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu manfaat menebar kebaikan lainnya, bisa menolong otak untuk menyalurkan energi positif ke seluruh badan. Hal ini bisa menolong organ tubuh agar bekerja lebih baik serta tidak gampang sakit. Ya, di saat kita merasa bahagia dalam menjalani kehidupan, maka imun tubuh akan terjaga, sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit.

4. Menghasilkan Efek Domino pada Lingkungan

Akibat dari berbuat baik kepada sesama nyatanya bisa juga dialami oleh orang-orang di sekitar kita. Artinya, kita seperti sedang membuat efek domino, dimana kebaikan yang telah diperbuat dapat kembali, meski melalui cara berbeda. Jadi, sebaiknya kita tidak pernah merasa puas dengan melakukan satu kebaikan saja. Teruslah berlomba dalam kebaikan. Menebar kebaikan bisa dibilang sama dengan membuat karma positif bagi diri sendiri.

5. Bisa Menjadi Benteng Pertahanan dari Energi Negatif

Ketika kita menebar banyak kebaikan, maka kebaikan tersebut bisa menjadi pondasi dan benteng pertahanan yang kokoh bagi kehidupan kita. Mengapa? Karena berbuat kebaikan tak hanya membuat jiwa dan raga kita sehat, namun juga bisa melindungi diri dari pengaruh negatif. Ini berkaitan dengan sudut pandang kita dalam memandang suatu permasalahan. Sesulit apa pun, kita tak akan menghindarinya, justru tertantang untuk menuntaskan masalahnya.

Tebarlah kebaikan tanpa perlu menunggu perintah, dalam sebuah hadits menyebutkan “Allah akan menolong seseorang hambanya, selama hambanya itu senantiasa menolong saudaranya”. (HR. Muslim). Artinya jika kita senantiasa berbuat kebaikan kepada siapapun tanpa pamrih InshaAllah kita akan selalu mendapat pertolongan dari Allah tanpa batasan pula. Intinya jangan berhenti menebar kebaikan sekecil apapun, jadilah seperti gula yang selalu larut tidak terlihat tetapi sangat bermakna dalam memberi rasa.

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh Muwakif yang sudah menebar kebaikan dengan ikut berkontribusi dalam Program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran Braille. InshaAllah target 1000 Set Al-Quran Braille untuk 1000 Insan Tunanetra dapat menjadi salah satu bentuk cinta dalam kebaikan yang manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh para penerima manfaat Al-Quran Braille melainkan juga dapat dirasakan oleh mereka yang juga ikut berkontribusi dalam tersebarnya Al-Quran Braille keseluruh Indonesia.

LSM Ummi Maktum Voice
Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Konfirmasi Wakaf

Informasi Lengkap

Website : umv.or.id

Telepon : (022) 522 8552

WhatsApp : 0811 911 0800

FaceBook

Instagram

YouTube

Tik Tok

Copyright © 2023 Perkumpulan LSM UMMI MAKTUM VOICE