Kesabaran Adalah Perhiasan Jiwa. Selengkapnya …

Kesabaran itu, Hal Indah. Mengapa Demikian ?

Assalammualaikum Sahabat UMV…

Alhamdulillah, kita kembali bertemu di awal minggu ini. Mengawali hari ini tepatnya di hari Senin tanggal 17 Januari 2022. Kita akan membahas tentang kesabaran. Sebenarnya apa sih yang di sebut dengan kesabaran?

Nah, Sahabat UMV pasti sangat lumrah ya jika mendengar tentang “Kesabaran”. Pada dasarnya setiap manusia memiliki rasa sabar yang ada dalam dirinya. Kesabaran sering kali di artikan sebagai sebuah makna untuk dapat menerima sesuatu baik keadaan ataupun keputusan yang sering kali diluar keinginan kita.

Kesabaran sendiri sebenarnya tidak ada batasannya. Jika Sahabat UMV pernah mendengar seseorang berucap bahwa kesabarannya telah habis. Maka, sebenarnya yang dia rasakan bukanlah rasa sabar yang telah habis, melainkan dalam dirinya sudah tidak mau bahkan menolak untuk menerima sesuatu yang diluar keinginannya.

Kesabaran sering kali muncul bersamaan dengan keikhlasan. Sabar dan ikhlas adalah kunci dari sebuah keberhasilan dalam menjalani segala cobaan yang Allah berikan, agar hati dan keyakinan kita tetap kuat bertahan. Sabar adalah menahan diri dalam berbagai keadaan baik lapang maupun sempit dan dari hawa nafsu. Bahkan terdapat beberapa Hadist yang menjelaskan makna kesabaran itu, salah satunya adalah Hadist Riwayat Al-Bukhari :

“Barangsiapa yang berusaha menjaga diri, maka Allah menjaganya, barangsiapa yang berusaha merasa cukup, maka Allah mencukupinya. Barangsiapa yang berusaha bersabar, maka Allah akan menjadikannya bisa bersabar dan tidak ada seorang pun yang dianugerahi sesuatu yang melebihi kesabaran”. (HR. Al-Bukhari)

Selain dalam Hadist, Al-Quran juga membahas tentang kesabaran itu sendiri. Salah satunya terdapat dalam Q.S As-Syura ayat 43, seperti berikut :

وَلَمَنْ صَبَرَ وَغَفَرَ إِنَّ ذَلِكَ لَمِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Artiya: “Dan barangsiapa bersabar dan memaafkan, sungguh yang demikian itu termasuk perbuatan yang mulia.” (Q.S As-Syura: 43).

Muatan hikmah, nasehat dan inspirasi dalam alquran memang tidak ada habisnya. Semakin diulik, semakin banyak keindahan dan kebaikan yang didapat. Bersabarlah, mungkin Allah tengah meletakkanmu di busurnya. Menarikmu jauh ke belakang, agar di saat kau dilepaskan, kau memiliki daya dorong yang kuat untuk mencapai sasaran.

LSM Ummi Maktum Voice

Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Informasi Lengkap

Facebook dan Web : umv.or.id

WA 022 522 8552

Instagram : @ummimaktumvoice

Youtube : Al Quran Braille Official

Tik Tok : @ummimaktumvoice

 

Copyright © 2022 Website Resmi Ummi Maktum Voice