KEISTIMEWAAN DALAM AL-QURAN

keistimewaan dalam alquran
Keistimewaan Dalam Alquran

Keistimewaan Al-Quran

Bismillah, Sahabat UMV…

Alhamdulillah masih dipertemukan di hari Senin yang cerah ini dalam keadaan sehat dan tetap semangat. Semangat di hari Senin kadang sulit untuk kita lakukan, pasalnya hari Senin merupakan awal dari segala aktivitas menuju satu minggu kedepan. Mari kita awali hari Senin dengan bahasan keistimewaan dari Al-Quran. Al-Quran merupakan kitab suci umat islam yang berisikan wahyu-wahyu Allah dan diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW satu persatu melalui malaikat Jibril. Salah satu keistimewaan yang dimiliki Al-Quran adalah kemurnian yang dimiliki hingga akhir jaman.

Terdapat keistimewaan lainnya yang dimiliki oleh Al-Quran, diantaranya :

Pemberi Syafaat

Salah satu dari sekian keistimewaan yang dimliki Al-Quran yaitu Al-Quran menjadi kitab suci yang akan menjadi penolong diakhirat kelak.  Al-Quran akan memintakan syafaat kepada Allah bagi siapa saja orang yang senantiasa membacanya. Dalam Riwayat Abu Umamah Al Bahiliy, bahwa Rasulullah bersabda :

“Bacalah Al-Quran karena Al-Quran akan datang pada hari kiamat nanti sebagai syafi (Pemberi Syafaat) bagi yang membacanya. Bacalah Az Zahrowain (Dua Surat Cahaya) yaitu surah Al-Baqarah dan Ali Imran. Karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cahaya sinar matahari atau seperti dua ekor burung yang membetangkan sayapnya (Bersambung satu dengan yang lainnya), keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca dua surat tersebut. Bacalah pula surat Al-Baqarah. Mengambil surat tersebut adalah suatu keberhan dan meninggalkannya akan mendapat penyesalan. Para tukang sihir tidak mungkin menghafalnya”. (HR. Muslim No. 1910)

Al-Quran Membawa Kebenaran

Selain pemberi syafaat, ternyata Al-Quran juga memuat ringkasan dari ajaran-ajaran ketuhanan yang pernh dimuat dalam kitab-kitab suci sebelumnya seperti Taurat, Zabur, Injil. Hal ini telah di tuliskan dalam QS. Al-Maidah ayat 48 yang berbunyi :

“Dan kami telah turunkan kepadamu Al-Quran dnegan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu”. (QS. Al-Maidah : 48)

Al-Quran Mudah Dihafalkan

Al-Quran juga memiliki keistimewaan lainnya yaitu memiliki gaya bahasa yang istimewa, mudah dihafalkan dan tidak sukar bagi siapa pun untuk memahaminya serta mengamalkannya dengan disertai keikhlasan hati serta kemauan yang kuat. Allah menjadikan Al-Quran agar dapat disyiarkan kepada akal pikiran dan seluruh pendengaran sehingga dapat menjadi kenyataan dan perbuatan. Sesungguhnya Al-Quran merupakan penawar dan rahmat bagi orang-orang mukmin sebagai obat yang dapat melenyapkan berbagai penyakit hati, antara lain keraguan, kemunafikan, kemusyrikan dan hal-hal yang menyimpang dari perkara yang hak serta cenderung kepada hal yang batil.

Al-Quran pun merupakan rahmat bagi mereka orang-orang beriman, karena dengan Al-Quran keimanan mereka dapat dipertebal, hikmah dapat diperoleh dan kebaikan dapat dijumpai serta akan menambah rasa cinta kepada Allah. Tertulis dalam QS. Al-Isra ayat 82 yang menjelaskan bahwa Al-Quran itu istimewa :

“Dan kami turunkan dari Al-Quran suatu yang jadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, dan Al-Quran tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian”. (QS. Al-Isra : 82)

Kesempurnaan Al-Quran membuatnya menjadi istimewa hingga dapat menjadi pedoman hidup yang menyelamatkan manusia dari kesengsaraan dunia dan akhirat. Dengan mendengarkan bacaan Al-Quran saja sudah mendapat rahmat dari Allah apalagi jika kita membaca dan mempelajarinya akan mendatangkan kebahagiaan di dunia juga di akhirat. Hal ini jugalah yang menjadikan Al-Quran istimewa bagi umat Islam.

Informasi Lengkap

LSM Ummi Maktum Voice

Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Konfirmasi Wakaf Konfirmasi Wakaf

Informasi Lengkap

Website : umv.or.id

Telp. / WA : (022) 522 8552

FaceBook

Instagram

YouTube

Tik Tok

Copyright © 2022 Website Resmi Ummi Maktum Voice