Kegiatan Pembinaan Reguler Al-Quran Braille di Depok

Kegiatan Pembinaan Reguler Al-Quran Braille di Depok

Penyampain Materi Tajwid Oleh Ustadz Ivan Pembinaan di Depok 
Sharing Materi antara Peserta Pembinaan Al-Quran Braille di Depok

Alhamdulillahirabbil A’lamin berkat kebaikan dan keikutsertaan muslimin dan muslimat dalam Program Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran Braille, LSM Ummi Maktum Voice telah menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Reguler Al-Quran Braille.  

Kegiatan ini dilaksanakan pada:

Hari/Waktu    :  Ahad/06 Januari 2019

Pukul              : 09.00-12.00

Tempat           : Majelis Ta’lim Tunanetra di Depok.

Peserta Mendengarkan Penyampaian Materi Tajwid

Dihadiri oleh 75 (tujuh puluh lima) insan tunanetra yang tergabung dalam Majelis Ta’lim Tunanetra yang ada di Jabodetabek. Peserta terdiri dari ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa dan bapak-bapak. Usia peserta beragam mulai dari 20 (dua puluh) tahun hingga 70 (tujuh puluh ) tahun. Tujuh puluh lima insan tunanetra tersebut merupakan penerima Al-Quran Braille yang sebelumnya Ummi Maktum Voice distribusikan.

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini yaitu Sejarah Al-Quran Braille dan Tahsin serta Tajwid. Sejarah Al-Quran Braille disampaikan oleh Bapak Yayat Rukhiyat, Tahsin khusus surat Al-Fatihah disampaikan oleh Nitya Putri, dan hukum-hukum Tajwid disampaikan oleh Ustadz Ivan.

Dengan telah terlaksananya kegiatan tersebut. Diharapkan para Insan Tunanetra yang berada di Depok khususnya dan Umumnya di Jabodetabek dapat terus dengan sungguh-sungguh melanjutkan proses pembelajaran Al-Quran Braille, karena seperti yang disampaikan oleh salah seorang Ahli Quran yaitu Imam Ibnu Jazari “ Dan tidak ada perbedaan antara ia (fasih) dan tanpanya (terbata bata), melainkan (bergantung pada) faktor latihan seseorang terhadap rahangnya. (Imam Ibnu Jazari)”. Sehingga dengan rutinnya Insan tunanetra dalam melatih rahangnya untuk mempelajari Al-Quran dalam Tulisan Braille dapat menurunkan buta huruf Al-Quran Braille dan mampu mengajarkan kepada insan yang lain, baik tunanetra ataupun melihat.


وَرَتِّلِ ٱلْقُرْءَانَ تَرْتِيل

“Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan”.

(QS. Muzammil : 4).