Islam Itu Indah dan Membawa Rahmat

islam indah penuh rahmat
Islam Itu Indah dan Penuh Rahmat

Islam Itu Indah dan Membawa Rahmat

Bismillah, sahabat UMV…

Alhamdulillah tidak terasa kita sudah di tanggal 20 Juli 2022. Tepat di hari Rabu ini, yuk sedikit kita bahas materi kita pada hari ini tentang Islam itu Indah dan Membawa Rahmat. Rahmat Allah adalah bentuk kasih sayang Allah sebagai Sang Pencipta kepada yang Dia cipta. Bahkan, Allah SWT menegaskan kepada Rasulullah untuk mengatakan kepada orang-orang yahudi yang berdusta bahwa rahmat-Nya begitu luas :

“Maka, jika mereka mendustakan kamu, katakanlah, Tuhanmu mempunyai rahmat yang luas dan siksa-Nya tak dapat dielakkan bagi orang-orang yang berbuat dosa.” (QS Al-An’am : 147).

Sifat luas tersebut terbentang bagi seluruh makhluk, terlebih bagi manusia. Manusia merupakan sebaik-baik makhluk ciptaan Allah, dia memiliki keistimewaan berupa akal sebagai penimbang dalam melangkah kepada kebaikan maupun keburukan. Rahmat Allah bagi manusia berupa rezeki dan kenikmatan hidup di alam dunia, seluruhnya mendapatkan rahmat-Nya, tak terkecuali bagi orang-orang yang tidak beriman kepada-Nya. Hanya, dari sekian rahmat-Nya, ada yang bersifat terputus dan ada pula yang berkelanjutan.

Sifat Rahmat Allah dan Kebaikan

Sifat rahmat Allah yang lain adalah dekat. Allah mendekati siapa pun yang mendekati-Nya. Jarak tempuh kita dalam mendekati Allah memengaruhi jarak tempuh Allah mendekati kita. Saat kita mendekati-Nya sejengkal, Allah akan membalas dengan sehasta. Saat kita mendekatinya sehasta, Allah mendekati kita sedepa dan seterusnya. Mendekati rahmat Allah tergolong mudah, cukup dengan menebar kebaikan bagi orang lain, kita sudah mampu menggapai rahmat-Nya yang bersifat dekat. Kebaikan adalah wujud manifestasi keimanan kita kepada Allah. Keduanya harus berjalan selaras karena apalah arti keimanan yang kuat tanpa kita imbangi dengan kebaikan, begitu juga kebaikan tanpa keimanan, akan bersifat sia-sia.

Allah berfirman : ”Sesungguhnya rahmat Allah dekat dengan orang-orang senantiasa berbuat baik.” (QS Al-A’raf : 56). Rasulullah juga mempertegas dalam haditsnya : “Sayangilah siapa pun yang ada di bumi maka akan menyayangimu zat yang ada di langit”.

Taat kepada Allah dan Rasul-Nya

Syaikh Al-Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Bila kalian taat kepada Allah dan Rasul, niscaya kalian akan mendapatkan rahmat. Rahmat itu terwujud dalam teraihnya hal-hal yang diinginkan dan hilangnya hal-hal yang dikuatirkan”. Beliau melanjutkan, bahwa rahmat yang dimaksud dalam ayat adalah rahmat khusus yang berhubungan dengan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi mengatakan, “Wajibnya taat kepada Allah dan Rasul-Nya untuk mendapatkan rahmat Allah, yaitu maaf dan ampunan dari Allah dan masuk kedalam Surga”.

Mengikuti Kandungan Al-Quran

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman : “Dan apabila dibacakan Al-Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat. Ini adalah perintah umum terhadap setiap orang yang mendengarkan Al-Quran tengah dibaca, agar dapat menyimak dan memperhatikan.”

Orang yang bersikap demikian dalam membaca Al-Quran, maka orang tersebut akan memperoleh kebaikan yang banyak, ilmu yang melimpah, keimanan yang selalu diperbaharui, serta hidayah dan pemahamannya terhadap agama yang kian bertambah. Oleh sebab itu, Allah memberikan rahmat bagi orang melalui dua sikap tersebut dan perintah ini lebih kuat lagi bila seseorang sering mendengarkan bacaan Al-Quran.

Menegakkan Sholat, Menunaikan Zakat dan Melakukan Sedekah

Barang siapa mengharapkan rahmat, maka sholat, zakat dan sedekah merupakan salah satu jalannya. Mari kita sama-sama perbaiki sholat kita dan perbanyak lagi amal ibadah kita dengan menunaikan zakat dan melakukan sedekah.

Allah Maha Penyayang lagi Maha Pengasih, Dia akan merahmati siapa saja mahluk dengan Kuasa-Nya dan dengan Kehendak-Nya. Salah satu cuplikan Anak Tunanetra dalam menghafal dan membaca Al-Quran dengan Menggunakan Al-Quran Braille Cuplikan Insan Tunanetra Membaca Al-Quran Braille

LSM Ummi Maktum Voice

Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Konfirmasi Wakaf Konfirmasi Wakaf

Informasi Lengkap

Website : umv.or.id

Telp. / WA : (022) 522 8552

FaceBook

Instagram

YouTube

Tik Tok

Copyright © 2022 Website Resmi Ummi Maktum Voice