Gali Semangat Kebaikan. Gimana Caranya …?

Menciptakan Api Semangat Dalam Diri. Bagaimana Caranya?

Assalammulaikum Sahabat UMV…

Tepat di hari Rabu tanggal 19 Januari 2022 ini, kita akan mengupas tentang makna dari “Semangat”. Mungkin sahabat UMV tidak asing dengan kata semangat. Kata yang sering dilontarkan oleh banyak orang untuk menciptakan gairah optimisme dalam diri untuk mencapai tujuan hidup.

Kata semangat sendiri yaitu maksud yang tersirat dalam suatu kalimat yang menciptakan kekuatan perasaan hati untuk bekerja, berjuang dan melakukan aktivitas lainnya dengan senang. Ini dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Setiap manusia pasti memiliki semangat dalam hidupnya. Semangat dalam diri setiap orang akan berbeda-beda sesuai dengan konteks kehidupannya. Ada yang bersemangat dalam bekerja, belajar maupun melakukan kebaikan-kebaikan lainnya yang bernilai positif.

Lantas bagaimana sih, cara menciptakan api semangat itu ? Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menciptakan api semangat dalam dirinya. Ada yang muncul dari dalam diri sendiri, adapun yang muncul setelah di support dan di motivasi oleh orang lain. Bisa jadi, semangat itu muncul disaat kita dalam kondisi insecure, pesimis dan putus asa. Maka, jika hal itu terjadi yang harus dilakukan adalah mencari refensi motivasi dari berbagai sumber inspirasi, dapat juga melakukan aktivitas-aktivitas yang bernilai positif.

Semangat ada dalam diri setiap orang. Termasuk dalam diri Insan Tunanetra. Seperti yang dilakukan oleh sahabat Insan Tunanetra kita dalam belajar bersama membaca Al-Quran Braille di Kantor LSM Ummi Maktum Voice. Kegiatan belajar mengaji bersama, selalu diadakan setiap hari Rabu yang di ikuti oleh para peserta Insan Tunanetra. Dengan semangat belajarnya yang tinggi untuk dapat membaca Al-Quran dengan menggunakan Al-Quran Braille, berdampak positif terhadap lingkup masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan paradigma masyarakat dalam melihat dan menilai Insan Tunanetra yang mampu membaca Al-Quran meskipun dengan keterbatasan penglihatan yang dimiliki.

Semangat Insan Tunanetra ini, tak lepas dari support dan dukungan para Muwakif yang bekerjasama dengan Ummi Maktum Voice untuk menurunkan angka buta huruf Al-Quran Braille di Indonesia. Mulai dari Rp. 60.000,- / Juz untuk satu Juz dari 30 Juz Al-Quran Braille, sahabat UMV sudah ikut berperan dalam pelaksanaan Program P3Q (Pengadaan, Pendistribusian dan Pembinaan) Al-Quran Braille.

Jika kita bersemangat dalam meraih Ridho Allah untuk kelak di akhirat nanti, maka dunia pun akan mengikuti langkah kita. Hal ini telah di jelaskan dalam hadis riwayat Tirmidzi, yaitu :

“Dari Anas bin Malik RA, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menjadikan akhirat tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kekayaannya di dalam hatinya. Dia akan mengumpulkan segala urusannya yang tercerai berai, dan dunia datang padanya dalam keadaan hina. Dan barang siapa menjadikan dunia tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kefakiran berada di depan matanya. Dia akan mencerai-beraikan segala urusannya yang menyatu, dan tidak datang kepadanya dari dunia kecuali sekadar yang telah ditakdirkan baginya.” (HR. Tirmidzi)

Mari kita tingkatkan kualitas kebaikan dalam diri dan semangat untuk terus membantu sesama yang memberikan nilai pahala. Dari tanganmu mengalirlah senyuman Insan Tunanetra untuk memiliki Al-Quran Braille.

LSM Ummi Maktum Voice

Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Informasi Lengkap

Facebook dan Web : umv.or.id

WA 022 522 8552

Instagram : @ummimaktumvoice

Youtube : Al Quran Braille Official

Tik Tok : @ummimaktumvoice