Dahsyatnya Kebaikan, Ada Pahala Tak Terputus Untuk yang Bersedekah

dahsyatnya sedekah menjadi kebaikan
Sedekah Menjadi Amalan Jariyah yang Tak Terputus

Makna Sebuah Kebaikan

Bismillah, sahabat UMV…

Dihari ini meskipun dalam cuaca mendung semoga kita semua tetap bersemangat dalam melakukan kegiatan yang positif. Seperti kata pepatah mendung tak berarti hujan, begitu pun dengan kebaikan. Selalu ada tempat dimana kita ingin bebuat kebaikan baik bagi diri sendiri maupun untuk orang lain. Karena pada dasarnya kebaikan itu ada dalam setiap jiwa manusia dan Allah lah yang “Maha Membolak-balikan Hati Manusia”.

Saat ini masih sering kita menemui orang yang merasa ragu dan malu untuk berbuat kebaikan dengan sesama, kebaikan dan semangat yang terlupakan sebenarnya ingin sekali dilakukan. Namun, mungkin keinginan tersebut terhalang oleh perasaan yang tidak ingin dikatakan sok baik oleh orang lain. Padahal tidaklah penting apa yang dikatakan oleh manusia, selagi Allah memberikan kita kesempatan untuk selalu berbuat kebaikan.

Perlu diingat, menjadi orang baik bukan hanya agar tampak dan dianggap ‘baik’ dari luar saja, melainkan kebaikan harus bersumber dari hati. Bukan demi pujian atau nama besar. Apalagi sebagai mahkluk beriman, kita wajib menaati perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Jika kita bisa melakukan itu dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, kita telah berupaya menjadi orang baik.

Sedekah Merupakan Kebaikan

Salah satu kebaikan yang akan menjadi amalan jariyah yaitu bersedekah. Sedekah merupakan suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Makna sedekah sebenarnya sangat luas di antaranya, yaitu seperti tersenyum, ucapan yang baik, salam kepada orang lain, hingga menolong orang lain dalam bentuk bantuan fisik. Hal ini telah di jelaskan dalam Q.S Al-Imran ayat 92, berikut ini :

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

“Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui”. (Q.S Al-Imran:92)

Manfaat Dalam Bersedekah

Banyak orang beranggapan bahwa sedekah hanya bermanfaat bagi si penerima. Padahal, sedekah juga memberikan manfaat luar biasa bagi pelakunya, orang yang memberikan sedekah. Dari sisi ruhaniah, Allah secara jelas mengungkapkan bahwa sedekah yang dikeluarkan menjadi sarana membersihkan diri dari dosa dan mensucikan jiwa dari sifat kikir.

Manfaat yang bisa dirasakan dari bersedekah adalah untuk si pemberi sedekah itu sendiri, yaitu dia melihat perubahan dalam diri dan sikapnya, merasakan kedamaian, serta melihat senyuman di wajah orang lain. Syariat islam telah mengajarkan kebiasaan mulia untuk bersedekah sebagai wujud kepedulian kepada sesama. Bukankah Rasulullah telah memberikan janji besar bagi mereka yang mau meringankan beban orang lain?

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa meringankan beban kesulitan seorang mukmin ketika di dunia, maka kelak Allah akan meringankannya dari kesulitan di hari kiamat.” (HR. Muslim).

Sedekah itu ibarat sungai yang mengalir, kamu hanya akan terus memperoleh manfaat dari air bersihnya.

 

LSM Ummi Maktum Voice

Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Konfirmasi Wakaf klik Konfirmasi Wakaf

Website : umv.or.id

Facebook : https://www.facebook.com/umv.or.id

Telp. / WA : (022) 522 8552

Instagram : https://instagram.com/ummimaktumvoice/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCN3kbsn6M_zlj05OXAzuweg

Tik Tok : https://vt.tiktok.com/ZSeVVyQ2C/