Dahsyatnya Amalan Kebaikan Setelah Bangun Tidur

Kebaikan Setelah Bangun Tidur
Dokumentasi Pembinaan Al-Quran Braille Dengan Insan Tunanetra

Pentingnya 20 Menit Pertama Setelah Bangun Tidur

Bismillah, Sahabat UMV…

Tepat di hari Jumat Mubarok kali ini, kita akan sedikit mengulas tentang dahsyatnya 20 menit pertama setelah bangun tidur. Siapa diantara sahabat yang ketika bangun tidur langsung cek handphone? Baik sekedar membuka WhatsApp, Sosial Media, Membaca Berita atau bahkan Main Game. Sayang sekali ya, jika hal itu dilakukan. Karena, 20 menit pertama setelah kita bangun tidur adalah waktu dimana kemampuan otak kita beralih dari Delta Frequency ke Teta Frequency dan di tahap ini otak kita sangat mudah meresapi sesuatu.

Pada saat otak sedang berada di Teta Frequency maka sebaiknya kita memulai dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Jika pada momen ini kita buka media sosial atau membaca berita, beberapa hal negatif yang kita lihat atau baca di handphone akan memicu stres dan gelisah sepanjang hari. Itu artinya, 20 menit pertama kita setelah bangun tidur punya peran yang sangat besar untuk kita menjalani hari-hari. Jadi sebaiknya, setelah bangun tidur, cobalah untuk membuat rutinitas yang baik. Misalnya, gratitude practicerepeat positive affirmation, visualisasi seperti apa kita satu minggu ke depan atau berdoa.

Hadist Tentang Pentingnya Berdoa Setelah Bangun Tidur

Dalam Islam sudah di jelaskan pentingnya ketika kita berdoa setelah bangun tidur. Hal ini telah di jelaskan dalam Hadist Riwayat Bukhari, seperti berikut :

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur”

Artinya : “Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan”. (HR. Bukhari)

 

Imam Bukhari memasukkan hadits di atas dalam judul bab “Bacaan yang diucapkan di pagi hari”. Ini berarti bahwa dzikir yang diucapkan ketika pagi hari ini menjadi pembuka amalan dan menunjukkan bahwa dari pagi hari kita sudah memulai dengan berdzikir pada Allah sebagaimana pula saat hendak tidur ditutup pula dengan amalan dzikir pada Allah.

Badaruddin Al ‘Aini dalam ‘Umdatul Qari Syarh Shahih Al Bukhari menjelaskan :

“Hendaklah seseorang yang telah bangun dipagi hari berusaha mensyukuri nikmat tersebut dengan melakukan sholat subuh. Itulah bentuk syukurnya pada Allah atas nikmat hidup yang Allah beri serta nikmat dikembalikannya ruh kepadanya”.

Menciptakan Kebaikan Setelah Bangun Tidur

Jadi sahabat, yuk mulai saat ini kita ciptakan kebiasaan baru yang positif setelah bangun tidur. Karena jika kebiasan ini dilakukan maka akan berpengaruh besar pada mindset dan aktivitas kita. Ini sangat berperan penting untuk menumbuhkembangkan jiwa empati kita terhadap sesama. Dengan kebiasaan positif yang dilakukan pada saat 20 menit setelah bangun tidur ini, maka akan melahirkan kebiasaan-kebiasaan positif yang lainnya seperti : bersedekah, belajar, bekerja, membantu sesama yang membutuhkan sehingga bernilai pahala untuk kita.

Banyak hal positif yang bernilai pahala untuk kita, salah satunya adalah dengan wakaf. Wakaf bisa dalam berbagai macam bentuk. Seperti sahabat Muwakif yang telah melakukan kebaikan untuk mewakafkan sebagian dari rezekinya sehingga dapat membantu Insan Tunanetra dalam memiliki Al-Quran Braille. Peran penting Muwakif disini dapat dicontoh oleh sahabat lohhh… karena selain bernilai pahala, kebaikan ini pun akan berdampak postif untuk sesama yang membutuhkan.

Maka dari itu, mari kita melangkah bersama untuk menebarkan kebaikan-kebaikan dengan cara membantu  Insan Tunanetra untuk memiliki Al-Quran Braille. Jadilah bagian dari terwujudnya mimpi Insan Tunanetra untuk menjadi penghafal Al-Quran dengan menggunakan Al-Quran Braille.

 

LSM Ummi Maktum Voice

Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Konfirmasi Wakaf klik Konfirmasi Wakaf

Website : umv.or.id

Facebook : https://www.facebook.com/umv.or.id

Telp. / WA : (022) 522 8552

Instagram : https://instagram.com/ummimaktumvoice/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCN3kbsn6M_zlj05OXAzuweg

Tik Tok : https://vt.tiktok.com/ZSeVVyQ2C/