Amalan-amalan Kebaikan Di Bulan Kemuliaan

kebaikan di bulan rajab
Amalan Kebaikan Di Bulan Rajab

Menabung Kebaikan Di Bulan Kemuliaan

Bismillah, Sahabat UMV…

Alhamdulillah, kita sudah memasuki Bulan Rajab, dimana pada bulan ini adalah bulan kemuliaan yang baik untuk melakukan amalan kebaikan. Banyak hal kebaikan yang dapat kita lakukan di bulan ini, salah satunya adalah berpuasa, bersedekah, dan masih banyak hal-hal kebaikan yang lainnya.

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan mulia selain Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Bulan ini juga menjadi bulan ketujuh dalam kalender Hijriah. Ada banyak keistimewaan pada Bulan Rajab diantaranya dibukakannya pintu surga dan keberkahan yang melimpah di bulan ini apabila umat Muslim senantiasa melakukan ibadah dan beramal sholeh.

Amalan Kebaikan Di Bulan Rajab

Amalan bulan Rajab yang pertama adalah berpuasa. Berpuasa di bulan Rajab merupakan sunah. Rasulullah selalu berpuasa di bulan Rajab. Rasulullah pernah bersabda : “Telah menceritakan kepada kami ‘Utsman ibn Hakim al-Anshari berkata, aku bertanya kepada Sa’id ibn Jubair tentang puasa Rajab, padahal pada waktu itu di bulan Rajab, dia menjawab, aku pernah mendengar Ibn Abbas berkata, Rasulullah saw berpuasa (Rajab) terus hingga kami berkata, beliau tidak berbuka, dan (pada waktu yang lain) beliau berbuka hingga kami berkata, nabi tidak puasa.” (HR. Muslim).

Amalan yang kedua pada Bulan Rajab yaitu melakukan banyak istighfar, ini dianjurkan bagi setiap umat muslim untuk memohon ampun atas segala dosa-dosa yang telah diperbuat. Selain dari  dua amalan sebelumnya, berdoa dan dzikir juga merupakan amalan yang mulia untuk senantiasa mengingat kebesaran Allah Subhanahu Wata’ala. Bulan Rajab merupakan waktu terkabulnya doa, Allah Subhanahu Wata’ala berfirman :

ٱدْعُوا۟ رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُعْتَدِينَ

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ

“Mohonlah (berdoalah) kamu kepada Tuhanmu dengan cara merendahkan diri dan cara halus, bahwasannya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas; dan janganlah kamu berbuat kebinasaan di bumi (masyarakat) setelah la baik; dan mohonlah (berdoalah) kamu kepada Allah dengan rasa takut dan loba (sangat mengharap); bahwasannya rahmat Allah itu sangat dekat kepada orang-orang, yang ihsan (Iman kepada Allah dan berbuat kebajikan).”(Q. S. Al A’raaf: 55-56).

Selain dari berpuasa, beristigfar, berdoa dan dzikir tenyata bersedekah juga salah satu perilaku yang mulia untuk memperbanyak amal sholeh di Bulan Rajab. Bersedekah dapat menolak bala, memperlancar rezeki, memperpanjang umur serta dapat memberikan keberkahan di dunia dan di akhirat.

Jadi sahabat, begitu banyak amalan kebaikan yang dapat kita lakukan di Bulan Rajab ini. Mari bersama-sama kita menabung pahala dari kebaikan-kebaikan yang kita perbuat pada bulan kemuliaan ini. Ibarat pohon, akar adalah tokoh utama untuk menunjang terbentuknya suatu tanaman mulai dari batang, daun, buah hingga biji yang dapat menghasilkan manfaat bagi makhluk hidup lain. Begitupun dengan amalan yang dibungkus dengan keimanan, menjadi faktor utama terbentuknya kebaikan-kebaikan untuk sesama dan bernilai pahala bagi bersama.

 

LSM Ummi Maktum Voice

Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Konfirmasi Wakaf klik Konfirmasi Wakaf

Website : umv.or.id

Facebook : https://www.facebook.com/umv.or.id

Telp. / WA : (022) 522 8552

Instagram : https://instagram.com/ummimaktumvoice/

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCN3kbsn6M_zlj05OXAzuweg

Tik Tok : https://vt.tiktok.com/ZSeVVyQ2C/

Copyright © 2022 Website Resmi Ummi Maktum Voice