6 Sedekah Maraton yang Dapat Memperlancar Rezeki

sedekah memperlancar rezeki berkah
6 Sedekah Maraton yang Dapat Memperlancar Rezeki

6 Jenis Sedekah yang Dapat Memperlancar Rezeki

Bismillah, Sahabat UMV…

Alhamdulillah kita sudah memasuki minggu kedua di bulan Juni 2022 ini. Tepat di hari Senin ini kita akan mengulas tentang sedekah. Nah sedekah apa saja sih yang dapat memperlancar rezeki kita dan membuat rezeki kita semakin berkah bermanfaat. Sedekah pada dasarnya merupakan sebuah kebaikan yang diberikan kepada seseorang yang membutuhkan, semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Allah Subahanahu Wata’ala. Dengan kata lain sedekah adalah suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara sukarela tanpa ditentukan jumlahnya.

Apa itu Sedekah ?

Sebenarnya sedekah merupakan suatu sunnah yang di anjurkan bagi umat islam. Tak hanya berbentuk harta benda saja, melalukan sedekah bisa dengan apapun seperti ibadah fisik non material. Contoh hal kecil dari sedekah yaitu dengan menolong orang lain dengan tenaga dan pikiran, tersenyum kepada orang lain, memberi nafkah keluarga, mengajarkan ilmu, berdzikir dan masih banyak lainnya. Meskipun sedekah sangat familiar dikalangan masyarakat, ternyata masih banyak masyaraat yang salah dalam memahami sedekah itu sendiri.

Sahabat, ternyata terdapat beberapa sedekah yang dapat memperlancar rezeki kita. Semakin kita sering dalam bersedekah maka semakin banyak juga manfaat yang kita tebarkan untuk sesama. Sedekah yang paling utama tentu saja kepada yang paling berhak menerimanya. Namun, terdapat 6 jenis sedekah maraton yang dapat kita lakukan untuk memperlancar rezeki, diantaranya :

1. Sedekah Subuh

Bagi umat muslim, waktu subuh merupakan waktu yang memiliki banyak keberkahan didalamnya. Pada waktu inilah umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadahnya. Salah satu ibadah subuh yang dianjurkan untuk dilakukan dan dijadikan rutinitas sebelum memulai aktivitas adalah sedekah subuh. Sedekah subuh merupakan salah satu ibadah yang di anjurkan dan tergolong dalam sedekah terbaik. Pasalnya disetiap waktu subuh malaikat turun dan mendoakan orang-orang yang bersedekah.

Dalam sebuah hadist yang diriwatkan oleh Bukhari dan Muslim menjelaskan :

“Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoakan : ‘Wahai, Tuhan ! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya’. Dan yang satu lagi berkata : ‘Wahai Tuhan ! Musnahkanlah harta si bakhil’.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Karena subuh merupakan waktu yang baik dalam bersedekah, maka banyak umat muslim yang mengamalkan sedekah subuh ini dan merasakan perubahan dalam kehidupannya. Karena sedekah subuh memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah mendapatkan doa dari malaikat, terkabulnya sebuah doa, menghapus dosa, dilipatgandakan harta dan pahala, menolak bala dan memberikan ketentraman hati.

2. Sedekah Jumat

Secara umum, sedekah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, dalam islam salah satu sedekah terbaik yang dilakukan adalah dihari Jumat. Dalam hal ini, sedekah dihari Jumat memiliki manfaat dan keutamaan yang lebih baik dibandingkan dengan sedekah yang dilakukan di waktu lain.

Rasulullah menyampaikan keutamaan sedekah dalam hadist shahihnya :

“Tidaklah seorang hamba memperbaiki sedekahnya kecuali Allah memperbaiki pengganti atas harta tinggalannya”. (H.R. Ibnu Al-Mubarak)

Seseorang tetap dianjurkan bersedekah dihari apa saja dan kapan saja. Namun, lebih baik jika sedekah dilakukan di hari-hari baik dan waktu-waktu baik seperti hari Jumat. Dalam literatur fiqih yang diajarkan saat ini bahwasanya sedekah dihari Jumat memiliki keutamaan lebih besar dari pada waktu lainnya.

3. Memberikan Sedekah Kepada Orang Tua

Sedekah juga dapat diberikan kepada orang tua? Sedekah kepada orang tua juga memiliki keutamaan yang lebih besar dibandingkan sedekah kepada orang lain, bahkan termasuk kepada masjid sekali pun. Apa iya memberikan sesuatu kepada orang tua hanya dengan mengharapkan sebuah pahala di akhirat kelak juga termasuk sedekah?

Allah Subhanahu Wata’ala sudah memberikan petunjuk melalui firman-Nya di dalam Al-Quran mengenai siapa saja orang yang berhak dalam menerima sedekah. Selain Al-Quran, Rasulullah juga memberikan keterangan mengenai hal ini dalam sebuah hadist yang di riwayatkan dari Nasa’I No. 2532 : Imam Ibnu Hibban menilai bahwasanya hadist ini shahih, Rasulullah menjelaskan :

“Tangan orang yang memberikan adalah di atas, dan mulailah dengan orang yang menjadi tanggunganmu, ibumu, ayahmu, saudara perempuanmu, dan saudara laki-laki mu, kemudian orang dibawahmu dan orang dibawahmu”. (H.R. Nasa’I No. 2532)

Dari hadist tersebut dapat disimpulkan bahwa keutamaan bersedekah kepada orang tua memberikan beberapa manfaat diantaranya adalah mendapatkan pahala sedekah, mendapatkan pahala dari kegiatan menjalin silaturahmi dengan orang tua dan mendapatkan pahala birrul walidain atau berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua itu harus dilakukan meskipun anak sudah berkeluarga.

 4. Sedekah Kepada Anak Yatim dan Dhuafa

Sedekah memiliki kedudukan yang istimewa, sehingga Rasulullah pun menganjurkan kepada setiap umatnya untuk berbuat baik kepada sesama terutama kepada anak yatim, fakir miskin dan dhuafa. Jika kita bersedekah kepada anak yatim, fakir miskin dan dhuafa maka banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan dan membawa kebaikan untuk sesama. Jangan pernah takut akan kekurangan harta karena bersedekah. Justru dengan kita bersedekah, maka kita akan dilimpahkan banyak rezeki yang berkah oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Sebagaimana Rasulullah telah bersabda :

“Sesungguhnya bersedekah tidak mengurangi hartamu”. (H.R. Muslim)

Selain itu, Allah pun telah berfirman dalam QS. Saba ayat 39 yang berbunyi :

“Dan barang apa saja yang kamu nafkankan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya” (QS. Saba : 39)

Keajaiban bersedekah kepada anak yatim, fakir miskin dan dhuafa memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah menjaga pelakunya dari musibah dan keburukan yang akan menimpanya, menghindarkan dari bencana, menjauhkan dari murka-Nya Allah, bersedekah kepada anak yatim dapat dekat Bersama Rasulullah di surga, mendatangkan ketentraman jiwa, menjauhkan diri dari hal-hal yang membawa keburukan.

5. Bersedekah Saat Bulan Suci Ramadhan

Hukum sedekah di bulan suci Ramadhan perlu diketahui oleh setiap umat muslim. Karena sedekah di bulan suci Ramadhan memiliki banyak keutamaan didalamnya. Salah satunya adalah dapat menghapuskan dosa-dosa sekaligus melipatgandakan pahala. Dalam satu Riwayat Rasulullah mengatakan bahwa salah satu sedekah yang utama adalah saat bulan suci Ramadhan. Rasulullah menjelaskan :

“Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadhan”. (H.R. Al-Baihaqi)

Rasulullah pada saat bulan suci Ramadhan sangat dermawan, tepatnya ketika malaikat Jibril menemuinya. Disebutkan bahwa Rasulullah lebih dermawan terhadap hartanya daripada angin yang berhembus. Hal ini menunjukkan bahwa bulan suci Ramadhan adalah waktu yang mulia untuk melakukan sedekah.

6. Sedekah Ilmu

Menuntut ilmu adalah jihad dan mengajarkannya merupakan sedekah. Jihad ternyata bukan hanya berperang mengangkat senjata. Ternyata, menuntut ilmu pun menjadi jihad. Bahkan Sebagian dari ulama menyebutkan bahwa jihad dalam menuntut ilmu lebih utama daripada dengan senjata. Karena setiap jihad pasti di dahului oleh ilmu. Bersedekah dengan harta benda merupakan amaliyah yang sangat mulia dan pahalanya begitu besar. Namun, ternyata terdapat cara yang lebih utama dan memberikan manfaat yang lebih besar jika dibandingkan dengan bersedekah harta yaitu bersedekah dengan mengajarkan ilmu. Mengajarkan ilmu yang dapat membuat seseorang insan menjadi lebih dekat dengan Allah Subhanahu Wata’ala dan memperbaiki diri.

Bisa jadi dengan ilmu yang kita ajarkan kepada orang lain dengan ikhlas dapat membuat saudara muslim lainnya memperoleh hidayah dari Allah Subhanahu Wata’ala. Dengan sedekah ilmu yang kita berikan kepada orang lain dapat menjadikan orang tersebut memperoleh pencerahan untuk membenahi diri semakin baik terutama taat kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Dengan dilatarbelakangi ilmu yang disampaikan, maka pemberi ilmu itu pun dapat memperoleh pahala yang sangat besar. Karena ilmu jenisnya turun terumun dan dapat berbuah seperti pohon-pohon yang subur, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh semua orang.

Melalui penjelasan 6 sedekah yang dapat memperlancar rezeki diatas, mari kita senantiasa melalukan sedekah sebanyak dan sebaik mungkin yang membawa manfaat bagi sesama dan diri sendiri. Allah Subhanahu Wata’ala telah memerintahkan setiap hambanya untuk bersedekah ini dijelaskan dalam QS. Al-Munafiqun Ayat 10 :

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu. Lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian) ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?” (QS Al-Munafiqun: 10)

Ilmu yang bermanfaat akan menjadi sedekah jariyah di akhirat kelak.

Informasi Lengkap

LSM Ummi Maktum Voice

Membuka Mata Hati Menghadirkan Al-Quran Didalam Hati

Konfirmasi Wakaf Konfirmasi Wakaf

Informasi Lengkap

Website : umv.or.id

Telp. / WA : (022) 522 8552

FaceBook

Instagram

YouTube

Tik Tok

Copyright © 2022 Website Resmi Ummi Maktum Voice